Katak Terbaru yang Ditemukan di Sumatra

katak terbaru

Indonesia memiliki banyak keanekaragaman hayati yang belum semuanya diketahui. Namun, seiring berjalannya waktu, keanekaragaman tersebut berhasil diungkap oleh para peneliti. Penemuan yang baru terjadi yakni pada tahun 2015 kemarin adalah dengan ditemukannya spesies katak baru dari Sumatera yang diberi nama ilmiah Rhacophorus indonesiensis. Sebenarnya, katak ini sudah pernah ditemukan pada tahun 2003 ketika dilakukan survey keanekaragaman amfibi dan reptil. Kata ini masih ditemukan di Jambi dan kemudian dibawa ke Museum Zoologi Bogor pada tahun 2011.

Salah satu peneliti yang berhasil mengidentifikasi katak tersebut adalah Dr. Amir Hamidy Ph. D. Beliau bersama timnya mempublikasikan hasil penemuannya dalam jurnal Zootaxa pada tanggal 14 April 2015. Spesies baru katak ini memiliki ventral hitam di bagian ventral tangan, kaki, serta selaput renangnya. Katak ini memiliki ciri khusus yang membedakan dirinya dengan katak pohon adalah, katak ini tidak memiliki gigi vomer. Umumnya, setiap katak memiliki gigi vomer. Gigi vomer merupakan sepasang gigi yang tumbuh di langit-langit mulutnya.

Katak pohon ini ditemukan di Taman Nasional Kerinci Seblat yang masih dilindungi. Sementara kawasan hutan yang dikonversi menjadi lahan kelapa sawit sudah tidak menunjukkan keberadan katak ini. Selama 30 tahun terakhir ini, hamper separuh hutan di Sumatera sudah berubah alih fungsi padahal banyak flora dan fauna yang masih perlu dijaga kelestariannya.

 

Sumber : Hamidy A, Kurniati H. 2015. A new species of tree frog genus Rhacophorus from Sumatra, Indonesia (Amphibia,Anura). Zootaxa. 3947 (1) : 49-66

FacebookTwitterGoogle+Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *